Fakta Unik Tentang Kangguru

Kangguru
Spread the love
Kangguru merupakan hewan ikonik Australia, saking menggemaskan hewan ini, hingga Australia menjadikan kanguru sebagai ikon negara tersebut. Namun, tahukah ada banyak fakta unik tentang Kangguru yang menarik untuk kita ketahui. agen bola

1. Kanguru ternyata juga ada di Indonesia.

Ada dua jenis kanguru, yaitu kanguru yang bertipe badan yang besar dan ada kanguru kecil. Orang banyak mengetahui kalau Kanguru itu berasal dari Australia, padahal Indonesia juga punya kanguru di pulau Papua. Ada yang berhabitat di Merauke Papua. Ketika memasuki taman nasional di Merauke, terlihat kanguru di Indonesia mempunyai bentuk badan yang lebih kecil. Atau di Australia disebut dengan wallaby, sayangnya semakin ke sini keberadaan kanguru di Indonesia semakin punah karena banyak diburu untuk dimakan atau diambil kulitnya.

 


2. Hidup berkelompok.

Saat anda melihat kanguru di sebuah kebun binatang, mungkin terlihat bahwa Kanguru hidup terpisah. Namun sebenarnya di habitat alam liar, kanguru hidup berkelompok. Dalam satu kelompok kanguru, terdapat pemimpin yang biasanya merupakan seekor Kanguru yang kuat dan paling tua.
Fungsi KakiSelain untuk melompat, kaki kanguru juga memiliki fungsi lain. Pada kaki bagian depan digunakan untuk mengambil makanan seperti rumput dan daun. Sedangkan kaki bagian belakang yang kuat dan lebar selain fungsi utamanya untuk melompat, juga sebagai pertahanan diri dan peringatan bahaya bagi Kanguru lainnya dengan cara menghentakkan kakinya ke tanah.

3. Jarak dan Kecepatan Lompatan.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, jarak dan kecepatan lompatan pada Kanguru bisa mencapai 10 meter dan 65 km/jam.

Video Kanguru di Taman Nasional Blue Mountain Australia, Video by Barry Kusuma.

4. Bentuk Pertahanan Diri.

Kanguru yang terlihat unik ternyata memiliki bentuk pertahanan diri yang cukup berbahaya bagi musuhnya, ia dapat menggunakan kaki belakangnya untuk menendang, dari tendangan ini dapat mengakibatkan robeknya perut musuh. Pada saat menendang, Kanguru menggunakan ekor sebagai penahan berat tubuhnya.

5. Masa Kawin dan Hamil.

 

Untuk mengawinkan Kanguru bisa dimulai pada saat kanguru mencapai usia 2 tahun. Jika telah hamil, maka masa hamil kanguru berjalan selama 33 hari.

6. Punya kantung yang besar.

Fakta unik tentang Kanguru lainnya yaitu pada saat baru lahir, anak Kanguru memiliki bentuk yang cukup kecil, hanya sebesar biji kacang dan ia akan berebut dengan saudara lainnya untuk bisa memasuki kantong induk. Hanya satu atau dua ekor saja yang dapat masuk ke dalam kantong.

Kantong kanguru merupakan tempat ternyaman bagi anak-anaknya untuk berdiam. Anak Kanguru dapat tinggal dalam kantong selama 6-11 bulan pasca lahir. Selama 2 bulan, anak kanguru hanya akan memperlihatkan kepalanya saja dari balik kantong, setelah 4 bulan barulah mereka berani keluar dan berjalan di sekitar induknya. Selain sebagai tempat tinggal, dalam kantong juga merupakan sebagai tempat untuk menyusu. Saat usia Kanguru mencapai usia 1 tahun, mereka tidak lagi kembali ke dalam kantong induknya karena pada usia ini, Kanguru dapat dikatakan telah dewasa sehingga kemampuannya untuk hidup sendiri dan mencari makan sudah sangat baik.

Kemampuan mencari sumber air adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Kanguru. Berkat kelebihannya ini, ia dapat menemukan sumber mata air yang paling banyak. Ini memudahkan mereka untuk minum, namun sayangnya ada beberapa orang yang memanfaatkan kelebihan Kanguru ini untuk merebut mata air yang telah ditemukan, umumnya mereka adalah petani yang memerlukan banyak air untuk keperluan pertanian yang mereka lakukan.

7. Tubuh Kanguru

Di antara beberapa spesies Kanguru, rata-rata tinggi mereka mencapai 1-8 meter dan berat tubuh 40-200 kg. Kanguru merah merupakan jenis yang terberat yaitu sekitar 200 kg.
Satu-satunya Hewan Besar Yang Melompat

Coba anda perhatikan, apakah ada hewan besar yang berjalan dengan melompat seperti Kanguru? Jawabannya tentu tidak. Kanguru adalah satu-satunya binatang besar mamalia yang berjalan dengan cara melompat. Hal ini merupakan salah satu fakta unik tentang Kanguru yang seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang.


8. Bisa Berenang

Meski hidup di darat, Kangguru merupakan hewan yang sangat baik dalam hal berenang. Mengapa bisa demikian? Ini disebabkan oleh adanya kaki belakang yang dapat digerakkan secara terpisah.

Berapa tahun Kangguru dapat hidup? Pada kehidupan alam yang bebas, Kanguru biasanya dapat bertahan hidup antara 8-10 tahun dan jika dalam penangkaran bisa mencapai usia 20 tahun. Wow, waktu yang cukup lama bukan untuk ukuran seekor binatang mamalia?

Jika dilihat sepintas, Kangguru tampak menggemaskan dan unik, namun anda perlu berhati-hati karena hewan ini ternyata memiliki sifat yang cukup agresif.

Kanguru liar yang hidup di alam ternyata sebagian besar cenderung kidal, fakta unik tentang Kanguru ini terungkap saat ilmuwan Australia melakukan penelitian. Meski tidak semuanya kidal, namun setidaknya ada 2 spesies dan 1 walabi yang seringkali dalam aktivitasnya menggunakan tangan kiri.

Ternyata ada banyak ya, fakta unik tentang kangguru, paling seru memang melihat langsung hewan ini di habitat asalnya di Australia atau Papua, bisa membuat kita semakin lebih gemas terhadap kanguru. agen Maxbet

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*